Skip to main content

Tentang Media Sosial

Sumber: images.google.com

Ada banyak sekali media sosial yang tersedia di sekitar kita, yang paling sering digunakan antara lain adalah Instagram. Instagram merupakam medsos yang unik, seperti gabungan dari Facebook, Snapchat dan YouTube. Kita bisa share gambar, dengan caption yang nyeleneh, bisa bikin gambar yang hanya akan ditahan di Instagram selama 24 jam saja, dan ada juga IG TV yang memungkinkan kita untuk bikin channel sendiri. Selain itu, kita juga bisa chatting juga.

Nah, itu adalah Instagram. Secara pribadi, gue merasa media sosial adalah tempat buat orang-orang berkarya, menunjukkan hasil kreativitas mereka, sekaligus sebagai wadah untuk humble bragging, yaitu aktivitas memamerkan sesuatu tanpa terkesan pamer. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah #wakeuplikethis.

Meskipun begitu, bukan berarti sosial media selalu membawa dampak buruk. Sosial media bisa menjadi pengaruh baik bagi orang banyak karena dengan sosial media, orang-orang cenderung akan nge-follow akun-akun influencer yang mereka sukai. Nah, dari para influencers tersebut, mereka bisa terpengaruh oleh hal-hal baiknya, dan bisa juga terpengaruh hal buruknya. Semuanya tergantung dari siapa yang di-follow dan bagaimana kita sebagai admirer mereka bisa menyaring mana yang baik untuk dicontoh dan mana yang tidak.

Jika boleh berkata jujur, menurut gue, sosial media membuat hati kita mudah iri hati. Terutama ketika kita melihat betapa bahagia hidup orang lain di dunia online, kita cenderung untuk berpikir bahwa hidupnya selalu seperti itu, kemudian mulai membandingkannya dengan hidup kita. Jadi, di era globalisasi yang koneksi antar satu orang dengan yang lain semakin dimudahkan, kita harus membentengi pikiran dan hati kita dengan melatih skills baru, contohnya, the art to show-off on social medias, the art of being motivated for someone else's achievements, the art of not judging anyone only depends on his/her online image, etc. Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk "bermain" di media sosial. Dengan adanya pemikiran ini, maka dari itu gue percaya kalo aktivitas medial sosial untuk anak-anak sebaiknya tidak dianjurkan hingga anak tersebut dinilai cukup berpendirian/boleh aktif asalkan dibawah pengawasan orang tua.

Efek buruk dari media sosial antara lain, konten yang tidak sepantasnya malah tersedia dimana saja, orang-orang bisa dengan mudah mengaksesnya, juga dengan melihat online image seseorang, orang lain bisa dengan mudah menjadi iri hati dan merusak pertemanan, di lain pihak, seringkali bahkan seseorang bisa menjadi overly proud of themselves on what they have done and shared online. Nampaknya akan lebih banyak orang yang memiliki kepribadian yang terlalu self-centered jika aktivitas sosial media di dunia selalu sama hingga tahun-tahun mendatang. Dan masih banyak lagi keburukan dari sosial media.

Namun, again, jangan menghakimi seseorang terlalu cepat. Jika memang dia terlalu self-centered sekalipun, selalu ada sisi baik dari setiap orang. Hargai dia atas sifat dan minat baik mereka, jangan tutup mata kalian oleh keburukannya saja.

Di lain sisi, efek positif dari sosial media juga nggak kalah banyak. Kita bisa mendapat advices dari orang yang sama sekali nggak kita kenal, yang lebih bijaksana dari orang-orang yang kita kenal, kita juga bisa memperoleh empowerments, ketika kita membutuhkannya. Misalnya melalui quotes, motivational videos, etc. Untuk sesama penulis atau content creators, bisa mendapat ide-ide dari dunia maya. Apalagi dengan teknologi dan fasilitas internet yang semakin advanced, kita bahkan bisa membina skills kita di bidang musik, coding, fotografi, memasak, dan lain-lain melalui sosial media. Bagi sebagian besar orang, mereka juga hidup dari aktivitas sosial media. Dengan sistem endorse, atau membuat video tentang hewan mereka, atau membuat sebuah short talkshort readings, dan lain-lain.

Kesimpulannya, aktivitas sosial media kita dapat mencerminkan diri kita di dunia nyata. Tidak selamanya image di dunia maya adalah palsu. Namun, orang-orang akan lebih senang untuk melihat hal-hal baik, karya-karya terbaik di media sosial, bukan? Itulah sebabnya mengapa konotasi online image buruk. Karena kita seringkali menilai seseorang hanya dari konten media sosialnya. Padahal itulah hak mereka untuk memposting yang bagus-bagus saja. They're not obliged to post their life dramas online too. Jadi, coba latihlah appreciation skills kalian, dan kurangilah kegiatan membandingkan hidup kalian dengan seseorang lainnya di media sosial. We each have our own timings and opportunities. And I believe everything is well in the end.

Kalo lu ketemu gue, dijamin gue bakal ngomong panjang lebar. Tapi berhubung gue harus sadar diri, jadi gue hentikan obrolan tentang media sosial hari ini sampai disini. Terima kasih udah baca-baca artikel di blog gue. Gue harap lu mendapat inspirasi dan mungkin juga terhibur.

Sampe ketemu di postingan selanjutnya!




Comments

Popular posts from this blog

Suka Duka Anak Kos

Anak kos. Pasti banyak diatara kamu yang ngekos di kota atau negeri lain. Entah untuk SMA, atau perguruan tinggi. Hari ini, aku mau membahas suka-dukaku jadi mahasiswi di negeri lain, dalam hal tinggal sebagai anak kos. Untuk memulainya, kuceritakan terlebih dahulu gambaran tentang kos-kosan ku. Aku tinggal di sebuah apartemen di daerah Novena. Sekitar 8-10 menit berjalan kaki dari stasiun MRT. Disini, aku menyewa sebuah kamar untuk kutinggali sendiri. Tidak ada tuan rumah, hanya ada teman-teman serumah. Tapi sekitar tiga hari sekali, akan ada pembantu yang membersihkan rumah dan mengurus cucian baju. Nah, teman-teman serumahku ini ada yang berasal dari sesama Indonesia, ada juga yang dari Filipina. Karena akomodasi di Singapura lumayan mahal, apalagi daerah Novena, jadi aku menyewa kamar yang tidak ada WC-nya. Alias berbagi WC dengan teman serumah. Nah, mari kita mulai. Lagi asyik-asyiknya ngerjain tugas, tiba-tiba mesin cucinya berbunyi. Menandakan bahwa cucian telah selesai d

Digital Painting di Kala Liburan

Malam yang menyejukkan hati, membuat mood ku menjadi baik. Aku segera membuka laptop ku, dan memulai proses pengeditan gambarku. Saat itu, aku sedang sibuk menyelesaikan challenge yang kuterima sejak sekitar sepuluh bulan yang lalu. Hari itu, akhirnya kulaksanakan juga challenge  nya. Jadi begini, challenge  nya itu dengan memajang foto semacam ini: Bukan gambar saya :) Nah, setelah memajang gambar itu di Instagram , tetapkanlah misalnya, tiga hari untuk mendapat jumlah likes . Jumlah likes  yang didapat, menentukan jumlah anak ayam yang harus digambar. Saat itu aku menetapkan tenggat waktu tiga hari. Hari pertama, aku mendapatkan 66 likes . Wah, lumayan juga, nih.. Pikirku. Hari kedua, bertambah menjadi 86 likes . Dan hari terakhir, entah mengapa, jumlahnya bisa tepat 100 likes ! Yay! Setelah tenggat waktu habis, likes  yang muncul setelah itu tidak akan dihitung. Jadi, aku harus menggambar seorang karakter dengan 100 anak ayam di sekelilingnya. Hasil sketsa. Pros

Misi Mau Update Blog Lagi

Yup, ini blog udah kaya proyek mangkrak. Nggak terasa udah tiga tahun lebih aku nggak posting. Kadang pengen posting tapi takut yang diposting nggak berfaedah. Tapi bukannya tujuan blog buat itu ya? Untuk mengungkapkan apa yang dirasakan, apa yang dialami. Menulis bukan sekedar media berbahasa, tapi untuk mengenali diri lebih jauh, tanpa berpikir terlalu panjang tentang apa yang ingin diungkapkan. Menurutku, rajin nulis blog itu seperti layaknya streamers . Sisi kehidupanmu sehari-hari, menjadi terekspos di dunia maya. Bukan seperti penulis yang memang memiliki tujuan untuk menyelesaikan sebuah artikel sains, atau penulis cerita novel, atau penulis-penulis lain yang memiliki fokus. Bagiku, penulis blog mirip seperti seorang streamer . Mereka mendokumentasikan kegiatannya sehari-hari, tapi bukan diari. Mereka dapat berinteraksi dengan orang-orang yang membaca atau menonton kegiatan mereka sehari-hari, dan bertumbuh bersama para pembaca/penonton. Bukan. Aku bukan seorang blogger. Update