Skip to main content

Day 18: One Thing that Changed My Life?

Write about that one movie or book or incident that drastically changed your life.

Image by Freepik

Aku anak yang nggak suka baca buku. Buku komik? Sure! Tapi kalo udah yang isinya tulisan doang, aku nggak bisa. Ada banyak sekali buku hibahan dari tanteku yang ada di rumah, dari Sapta Siaga (the Secret Seven), Lima Sekawan (the Famous Five), hingga buku-buku karya Agatha Cristie, tapi nggak ada satupun yang kusentuh.

Kakak-kakakku suka membaca Sapta Siaga, Lima Sekawan, dan juga buku-buku Chicken Soup for the Soul. Tapi aku masih nggak bergeming dengan kesukaanku akan komik. Bukan berarti aku nggak pernah mencoba untuk membaca buku, tapi aku hampir nggak pernah menyelesaikan satu buku yang isinya hanya tulisan dan grafik. Aku selalu mencari buku yang intensitas tulisan dan gambarnya sama.

Sampai suatu ketika, di bangku SMA, isi perpustakaan SMA ku cukup menarik, hampir selalu ada buku-buku yang saat itu sedang best seller di toko buku. Aku masih rajin mampir ke toko buku saat itu, karena pengen nge-check komik, tentu saja. Jadi aku tahu mana buku yang sedang best seller saat itu. Nah, kebetulan aku lihat buku yang berjudul “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar” karya Alberthiene Endah. Aku membaca sedikit isi buku itu di toko buku, kemudian memutuskan untuk meminjam buku itu dari perpustakaan sekolah.

Nggak disangka-sangka, ternyata aku malah suka buku itu dan membacanya sampai habis. Pertama kalinya aku membaca buku setebal itu. Sejak saat itu, aku tanpa sadar sudah membuktikan pada diri sendiri bahwa ternyata aku mampu membaca buku yang isinya banyak tulisan doang. Aku mulai meng-explore buku dengan topik-topik lain, bahkan topik yang aku nggak pernah sentuh seperti buku marketing, finansial, sampai buku yang membahas tentang FGM (female genital mutilation).

Jadi sebenarnya bukan hanya tentang esensi dari buku tentang Merry Riana, tapi juga seluruh pengalaman membaca buku itu yang mengubah hidupku. Ternyata membaca buku bukan “keharusan” lagi, kalo aku menemukan buku yang kuminati.

Tapi sebenarnya kalo cuma satu, rasanya nggak adil. Aku percaya selama hidup ini setiap orang selalu bertumbuh setelah melalui berbagai macam hal. Bisa saja ada perubahan drastis dua kali dalam hidup, tidak ada yang tahu. Tapi untuk kepentingan tantangan menulis selama 30 hari, ya sudah deh, ya.

Ngomong-ngomong, selamat hari kemerdekaan Indonesia!! Aku berharap seluruh warga Indonesia bisa memiliki kemampuan baca tulis yang jauh lebih merata di masa depan. Aku salut banget saat mendengar cerita Tri Ahmad Irfan yang pernah bekerja di Twitter di Amerika, meskipun berasal dari desa kecil dekat kota Surakarta, dan dengan segala keterbatasan yang ada, dia bisa sampai titik sekarang (Founder dan CTO Lumina). Dan yang bikin aku shock adalah fakta bahwa ayahnya bahkan nggak memiliki kemampuan baca tulis. Kadang aku lupa dengan Titik Mula tiap orang yang berbeda-beda. Mungkin buat kamu yang tertarik mendengar ceritanya, kamu bisa dengar melalui podcast Thirty Days of Lunch episode ke-124. Salah satu bukti pentingnya pendidikan dan support dari orang-orang terdekat.

Tapi, dengan menyadari keberadaan Titik Mula kita masing-masing, bukan berarti itu menjadi alasan untuk berkecil hati ketika kita menyadari posisi kita ada jauh di belakang orang lainnya. Jadikan itu semangat dan ukuran seberapa banyak upaya yang bisa kita kerahkan dengan keterbatasan yang ada. Seperti kata Ash Ali dalam bukunya “The Unfair Advantage”, setiap orang memiliki unfair advantage masing-masing. Dan percaya nggak percaya, itu yang membuatmu unik!


*.*.*

Jika kamu mau tahu lebih lanjut tentang 30 Day Writing Challenge yang aku jalani saat ini, kamu bisa klik link ini ya.





Comments

Popular posts from this blog

Suka Duka Anak Kos

Anak kos. Pasti banyak diatara kamu yang ngekos di kota atau negeri lain. Entah untuk SMA, atau perguruan tinggi. Hari ini, aku mau membahas suka-dukaku jadi mahasiswi di negeri lain, dalam hal tinggal sebagai anak kos. Untuk memulainya, kuceritakan terlebih dahulu gambaran tentang kos-kosan ku. Aku tinggal di sebuah apartemen di daerah Novena. Sekitar 8-10 menit berjalan kaki dari stasiun MRT. Disini, aku menyewa sebuah kamar untuk kutinggali sendiri. Tidak ada tuan rumah, hanya ada teman-teman serumah. Tapi sekitar tiga hari sekali, akan ada pembantu yang membersihkan rumah dan mengurus cucian baju. Nah, teman-teman serumahku ini ada yang berasal dari sesama Indonesia, ada juga yang dari Filipina. Karena akomodasi di Singapura lumayan mahal, apalagi daerah Novena, jadi aku menyewa kamar yang tidak ada WC-nya. Alias berbagi WC dengan teman serumah. Nah, mari kita mulai. Lagi asyik-asyiknya ngerjain tugas, tiba-tiba mesin cucinya berbunyi. Menandakan bahwa cucian telah selesai d

Digital Painting di Kala Liburan

Malam yang menyejukkan hati, membuat mood ku menjadi baik. Aku segera membuka laptop ku, dan memulai proses pengeditan gambarku. Saat itu, aku sedang sibuk menyelesaikan challenge yang kuterima sejak sekitar sepuluh bulan yang lalu. Hari itu, akhirnya kulaksanakan juga challenge  nya. Jadi begini, challenge  nya itu dengan memajang foto semacam ini: Bukan gambar saya :) Nah, setelah memajang gambar itu di Instagram , tetapkanlah misalnya, tiga hari untuk mendapat jumlah likes . Jumlah likes  yang didapat, menentukan jumlah anak ayam yang harus digambar. Saat itu aku menetapkan tenggat waktu tiga hari. Hari pertama, aku mendapatkan 66 likes . Wah, lumayan juga, nih.. Pikirku. Hari kedua, bertambah menjadi 86 likes . Dan hari terakhir, entah mengapa, jumlahnya bisa tepat 100 likes ! Yay! Setelah tenggat waktu habis, likes  yang muncul setelah itu tidak akan dihitung. Jadi, aku harus menggambar seorang karakter dengan 100 anak ayam di sekelilingnya. Hasil sketsa. Pros

Misi Mau Update Blog Lagi

Yup, ini blog udah kaya proyek mangkrak. Nggak terasa udah tiga tahun lebih aku nggak posting. Kadang pengen posting tapi takut yang diposting nggak berfaedah. Tapi bukannya tujuan blog buat itu ya? Untuk mengungkapkan apa yang dirasakan, apa yang dialami. Menulis bukan sekedar media berbahasa, tapi untuk mengenali diri lebih jauh, tanpa berpikir terlalu panjang tentang apa yang ingin diungkapkan. Menurutku, rajin nulis blog itu seperti layaknya streamers . Sisi kehidupanmu sehari-hari, menjadi terekspos di dunia maya. Bukan seperti penulis yang memang memiliki tujuan untuk menyelesaikan sebuah artikel sains, atau penulis cerita novel, atau penulis-penulis lain yang memiliki fokus. Bagiku, penulis blog mirip seperti seorang streamer . Mereka mendokumentasikan kegiatannya sehari-hari, tapi bukan diari. Mereka dapat berinteraksi dengan orang-orang yang membaca atau menonton kegiatan mereka sehari-hari, dan bertumbuh bersama para pembaca/penonton. Bukan. Aku bukan seorang blogger. Update